Codex gigas, alkitab iblis



Codex gigas atau buku raksasa adalah sebuah manuskrip abad pertengahan dengan ukuran terbesar yang masih ada. Buku ini ditulis pada awal abad ke-13 di biara ordo benediktus di podlazice di Bohemia. Saat ini buku tersebut tersimpan di Swedish Royal Library di Stockholm. Dibutuhkan tenaga dua pustakawan untuk mengangkat buku tersebut. Buku ini sering juga disebut “alkitab iblis” karena adanya sebuah ilustrasi ukuran besar bergambar setan didalamnya.

Codex tersebut ditaruh disebuah tempat yang terbuat dari kayu, dilapisi dengan kulit dan dihias dengan logam. Tingginya 92 cm, lebarnya 50 cm dan memiliki tebal 22 cm. Pada mulanya, Codex itu memiliki 320 lembar naskah. Namun 8 lembar darinya dibuang. Tidak diketahui siapa yang membuang 8 lembar tersebut dan untuk tujuan apa. Ada dugaan 8 lembar yang dibuang kemungkinan berisi aturan-aturan biara ordo benediktus. Berat Codex tersebut hampir mencapai 75 kg. Lembaran yang digunakan untuk menulis Codex ini adalah kulit yang berasal dari 160 ekor anak sapi.

Biara tempat Codex ini dibuat dihancurkan pada abad ke-15. Catatan yang ada pada Codex menunjukkan bahwa pembuatan Codex tersebut adalah sekitar tahun 1229 M. Setelah penulisannya, Codex ini kemudian dipindahkan ke Biara Cistercians Sedlec dan akhirnya dibeli oleh Biara benediktus di Byoevnov. Dari tahun 1477-1593, Codex ini disimpan di perpustakaan di Broumov sampai akhirnya dibawa ke Praha pada tahun 1594 untuk menjadi bagian dari koleksi Rudolf II. Pada tanggal 24 September 2007, Codex gigas dibawa kembali ke Praha setelah 359 tahun.

Isi dari Codex ini adalah “a sum of the Benedictine order’s knowledge”, “The War of the jews” tulisan Josephus, daftar para orang kudus, metode untuk menentukan tanggal perayaan paskah, seluruh alkitab bahasa latin pre-vulgate, Isidore of Seville’s encyclopedia Etymologiae, Cosmas of Prague’s Chronicle of Bohemia, berbagai macam traktat (dari sejarah, etimologi dan fisiologi), sebuah kalender dengan nekrologium, daftar nama para biarawan di biara Podlaice, formula-formula ajaib dan catatan-catatan lain.

Seluruh isi Codex ini ditulis dalam bahasa latin. Manuskrip ini juga dihiasi dengan warna-warna seperti merah, biru, kuning, hijau dan emas. Seluruh huruf besar diberi warna yang mencolok. Yang luar biasa adalah keseluruhan isi Codex ini ditulis dengan relevansi yang luar biasa antar halaman. Yang berarti bahwa buku ini ditulis oleh satu orang dengan pikiran yang berkesinambungan. Hal ini membuat banyak ahli percaya bahwa keseluruhan Codex ini ditulis dalam waktu yang sangat singkat.

Pada halaman 290, terdapat sebuah gambar Iblis dengan tinggi sekitar 50 cm. Beberapa halaman sebelum gambar ini ditulis pada lembaran kulit yang menghitam dan dibuat dengan karakter yang gelap, yang membuatnya berbeda dengan keseluruhan isi Codex.
Menurut Legenda, penulis Codex itu adalah seorang biarawan yang melanggar aturan biara dan dihukum dengan diikat di dinding dalam posisi berdiri seumur hidup.



Biarawan ini memohon ampunan dari penghukuman yang luar biasa kejam itu. Sebagai gantinya ia berjanji untuk membuat sebuah buku yang akan memuliakan biara dan pengetahuan umat manusia selamanya, dan ia berjanji menyelesaikannya hanya dalam satu malam. Menjelang tengah malam, biarawan itu menjadi ragu apakah ia dapat menyelesaikannya sendiri. Jadi ia menjual jiwanya kepada iblis demi sebuah pertolongan. Iblis kemudian menyelesaikan manuskrip tersebut.

Sebagai penghormatan kepada iblis yang membantunya, biarawan itu menambahkan gambar iblis ke dalam Codex tersebut. Walaupun adanya legenda yang melibatkan iblis, pada zaman inkuisisi, Codex ini tetap disimpan oleh biara dan dipelajari oleh banyak cendikiawan sampai hari ini.
Codex gigas, alkitab iblis
--Posted by - Tips dan manfaat | cerita unik dan berita -
- Tips dan manfaat | cerita unik dan berita kesehatan - Updated at: 12:02 AM

Li Chung Yun, Legenda Manusia Berumur 256 Tahun


"Jaga hati Anda untuk tetap tenang, duduk seperti kura-kura, berjalan riang bagai merpati dan tidur seperti anjing." Kalimat itu diberikan sebagai nasihat oleh Li Chung Yun ketika seorang kepala suku bernama Wu Pu Fei mengundang nya ke rumah dan meminta rahasia umur panjang. Li Chung Yun meninggal pada 6 Mei 1933 Pada usia 256 tahun.

Mr Li tinggal di propinsi Sichuan di Cina dimana umur panjang melambangkan kebesaran. Pada saat ia berusia 10 tahun, ia telah melakukan perjalanan ke Kansu, Shansi, Tibet, Annam, Siam dan Manchuria untuk mengumpulkan tanaman obat. Ia terus mengumpulkan tanaman obat sampai usia 100 tahun.

Beberapa sumber mengatakan bahwa Mr.Li telah menguburkan 23 Istri dan pada saat ia tinggal bersama istri yang ke 24 Ia meninggal. Dari 24 istri, Li memiliki anak cucu sampai 11 generasi dan berjumlah sekitar 200 orang.  Meskipun usianya 200 tahun, namun di mata orang-orang tampak seperti orang tua 60 tahun.

Menurut Li, ia lahir pada tahun 1736. Namun pada tahun 1930, seorang profesor dari departemen pendidikan universitas Chengdu yang bernama Wu Chung Chieh menemukan sebuah catatan dari dari kerajaan Cina yang memberikan ucapan selamat kepada Li Ching Yun atas ulang tahun-150 tahun. Ucapan diberikan pada tahun 1827. jika pada tahun 1827 ia berumur 150 tahun, maka itu berarti bahwa catatan kerajaan menunjukkan bahwa Li lahir pada tahun 1677 dan saat meninggal di tahun 1933, ia berusia 256 tahun.

Pada saat kematiannya, kesedihan untuk Mr.Li dipublikasikan oleh media media terkenal di dunia, termasuk The New York Times dan Times Magazine.

Apakah Li lahir tahun 1677 atau 1736 seperti pengakuannya ? Apabila ia lahir tahun 1736 sesuai pengakuannya, berarti ia meninggal pada usia 197 tahun, jauh lebih lama dibandingkan dengan orang tertua yang pernah tercatat yaitu Jeanne Louise Calment dari Perancis yang meninggal pada tahun 1997 di usia 122 tahun 164 hari. Sebelumnya, di Cina juga pernah tercatat adanya seorang yang bernama Chen Jun yang dipercaya meninggal pada usia 443 tahun.

Selama hidupnya, Mr Li dikenal sebagai seorang Herbalis dan ahli kungfu. Pada tahun 1749 ketika ia berumur 71 tahun, ia pindah ke kota Kai Xian untuk bergabung dengan pasukan Cina sebagai pelatih kungfu dan penasehat militer.

Kisah hidupnya kemudian mengalir seperti sebuah kisah dari film-film silat yang kita tonton. Salah seorang murid Mr. Li, yaitu Master Tai Chi bernama Da Liu menceritakan kisah ini. Pada saat Mr. Li berusia 130 tahun, ia berjumpa dengan seorang pertapa di sebuah gunung yang kemudian mengajarinya Jiulong Baguazhang (sembilan naga delapan diagram telapak tangan) dan Qigong (tenaga dalam) dengan instruksi pernapasan khusus, pergerakan dan cara mengkordinasikannya dengan suara spesifik serta rekomendasi makanan. Da Liu mengatakan bahwa Mr.Li dapat memiliki umur panjang karena ia secara teratur melakukan latihan-latihan tersebut setiap hari, secara teratur, dengan benar dan dengan tulus selama 120 tahun. Sampai saat ini, para praktisi Jiulong Baguazhang modern mengakui bahwa pengetahuan yang mereka peroleh berasal langsung dari Mr. Li.

Pada tahun 1933, ia meninggal dunia. Mr li pernah berkata kepada seorang sahabat,"Aku telah menyelesaikan semua hal yang harus diselesaikan di dunia ini, sekarang aku akan pulang." Li Chung Yun meninggal tidak lama setelah itu. Dan sejak itu muncullah Legenda Li Chung Yun, Manusia yang berumur 256 tahun.
Li Chung Yun, Legenda Manusia Berumur 256 Tahun
--Posted by - Tips dan manfaat | cerita unik dan berita -
- Tips dan manfaat | cerita unik dan berita kesehatan - Updated at: 11:48 PM

Unik , Seni Dari Limbah Permen Karet


Bagi kebanyakan orang, permen karet yang ada di jalanan adalah gangguan. Dalam cuaca panas, permen karet menjadi jebakan lengket untuk sepatu Anda. Dalam cuaca dingin, permen karet akan menjadi licin seperti es.

Dan dibutuhkan biaya ribuan dolar untuk membersihkan kota-kota dari permen karet bekas,Pada tahun 2008, Norfolk, Virginia, membeli mesin seharga $8.000 untuk menghilangkan permen karet dari jalanan. Tempe, Arizona, menerapkan sebuah "tim bersih" sehari-hari pada Januari 2010 untuk menangani permen karet yang terkait di pusat kota messes.



Tempat-tempat yang seperti ini benar-benar membutuhkan seorang seniman seperti Ben Wilson - ia dapat merubah permen karet di trotoar kota London ke dalam lukisan miniatur. Menggunakan cat akrilik dan kuas kecil, Wilson melukis seni abstrak, tokoh, wajah, dan custom works. Dia pernah ditampilkan di surat kabar Inggris dan BBC, dan Wilson telah menciptakan lebih dari 10.000 buah permen karet berbasis seni publik.

Meskipun ini bukan alasan untuk meludahkan permen karet Anda di jalan, lukisan ini tentu saja mencerahkan sebuah trotoar yang kelihatan biasa-biasa saja. Wilson menunjukkan bagaimana Anda dapat membuat seni bahkan sampah orang lain. Seni ini dapat digunakan kembali dan daur ulang untuk kebaikan publik.

Ben Wilson mulai bereksperimen dengan lukisan permen karet pada tahun 1998, dan pada bulan Oktober 2004 ia mulai bekerja secara full time. Dia telah menciptakan lebih dari 10.000 karya, ia bekerja pada trotoar seluruh Inggris dan bagian Eropa.

Wilson memanaskan karet dengan pukulan obor kecil dan kemudian menambahkan pernis untuk mengeraskannya. Dia kemudian menggunakan cat akrilik khusus untuk menciptakan desain-nya. Untuk menghasilkan lukisan, lama pekerjaan dapat berlangsung hingga sepuluh jam .Karya Wilson telah ditampilkan oleh media, termasuk BBC, This Is Lokal London, Baku Visi dan The Daily Telegraph. Dua film dokumenter pendek juga telah dibuat tentang Wilson.



Unik , Seni Dari Limbah Permen Karet
--Posted by - Tips dan manfaat | cerita unik dan berita -
- Tips dan manfaat | cerita unik dan berita kesehatan - Updated at: 1:25 AM

Debat capres 2014, Berpengaruh besar Pada Masyarakat


Perhimpunan Masyarakat Madani Jawa Tengah menyebutkan pengaruh serangkaian debat Capres dan Cawapres 2014 yang digelar terhadap pilihan masyarakat ternyata sangat besar.

"Debat capres maupun cawapres yang sudah berlangsung empat kali ini ternyata besar pengaruhnya bagi masyarakat. Kami mengambil 1.000 orang jadi responden," kata Ketua Permadani Jateng Mukharom di Semarang, Rabu.

Dari 1.000 responden yang dijadikan sampel, 50 persen mengaku sangat berpengaruh, 35 persen mengaku berpengaruh, sebesar 10 persen mengaku tidak berpengaruh, dan lima persen tidak berpengaruh sama sekali.

Menurut dia, pengaruh debat capres-cawapres memang menjadi satu dari delapan pertanyaan yang diajukan pihaknya untuk mengetahui respons masyarakat terhadap Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014.

Ia menjelaskan survei yang dilakukan Permadani Jateng menggunakan metode random (acak) dengan mengambil sampel sebanyak 1.000 responden di 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah dalam dua bulan terakhir.

"Kami melihat respons masyarakat terhadap Pilpres 2014 sangat besar. Pertama, karena calonnya hanya dua pasang, tidak adanya calon alternatif. Kedua, salah satu pasangan calon pasti menang," katanya.

Dari catatan tingkah laku capres-cawapres, kata dia, pengaruhnya juga besar, yakni 55 persen (sangat berpengaruh), 40 persen (berpengaruh), 3,5 persen (tidak berpengaruh), dan sisanya tidak berpengaruh sama sekali.

Untuk visi-misi yang diusung, ia mengatakan sebesar 40 persen mengaku sangat terpengaruh, 30 persen terpengaruh, 20 persen mengaku tidak terpengaruh, dan 15 persen tidak terpengaruh sama sekali.

"Untuk pengaruh black campaign, sebesar 35 persen responden mengaku sangat terpengaruh, 25 persen terpengaruh, 30 persen mengaku tidak terpengaruh, dan 10 persen tidak terpengaruh sama sekali," katanya.

Aspek usia dan pengalaman berpolitik pun ditanyakan, kata dia, hasilnya 45 persen (sangat berpengaruh), 35 persen (berpengaruh), 15 persen (tidak berpengaruh), dan lima persen (tidak berpengaruh sama sekali).

Selain delapan poin pertanyaan itu, kata dia, penyurvei juga melakukan pendekatan untuk mengetahui pilihan para responden terhadap dua kandidat, yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Hasilnya, sebesar 40 persen menentukan pilihan pada Prabowo-Hatta, 45 persen menentukan pilihan pada Jokowi-JK, sementara sisanya 15 persen masih belum menentukan pada siapa pilihannya," katanya.

Dari hasil itu, ia mengatakan persaingan antarkedua kandidat dalam Pilpres 2014, khususnya di Jateng, akan berlangsung ketat, sebab selisihnya hanya lima persen dan ada 15 persen "swing voters" (suara mengambang).

"Dari penelitian kami, 15 persen swing voters ternyata kalangan berpendidikan dan dari ekonomi menengah atas. Tentunya, mereka merupakan pemilih cerdas. Sumber dana survei ini independen," kata Mukharom.  (ZLS/M029)

Sumber : Antara
Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2014


Debat capres 2014.
Debat capres 2014, Berpengaruh besar Pada Masyarakat
--Posted by - Tips dan manfaat | cerita unik dan berita -
- Tips dan manfaat | cerita unik dan berita kesehatan - Updated at: 11:30 PM

Perangko Termahal di Dunia seharga 113 Milyar


Perangko Termahal di Dunia


Selembar perangko Guyana Inggris bernilai satu sen dari tahun 1856, satu-satunya yang masih tersisa dari seri perangko tersebut, terjual seharga 9,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 113,5 miliar dalam lelang di Sotheby's.

Harga setinggi itu menjadikan benda mungil berukuran 2,5 x 3,2 cm dengan cetak hitam pada kertas magenta tersebut sebagai prangko termahal yang pernah dijual dalam lelang dan benda termahal berdasar ukuran dan bobot, demikian menurut rumah lelang.

"Ini menjadi harga tertinggi yang pernah dibayar untuk satu prangko," kata David Redden, kepala bagian buku dan manuskrip seluruh dunia pada Sotheby's.

"Ini selalu menjadi prangko paling terkenal di dunia. Ini adalah salah satu benda dengan mistik besar yang tumbuh selama bertahun-tahun," katanya.

Rekor penjualan selembar prangko sebelumnya adalah sekitar 2,2 juta dolar AS untuk satu prangko Swedia, Treskilling Yellow, salah warna tahun 1855 yang terjual tahun 1996.

Prangko Guyana Inggris dijual oleh jutawan John du Pont, pewaris perusahaan kimia du Pont yang meninggal dunia di penjara pada 2010 dalam usia 72 tahun. Ia menjalani hukuman penjara karena menembak juara gulat Amerika Serikat, David Schultz, tahun 1996.


Perangko Termahal di Dunia seharga 113 Milyar.
Perangko Termahal di Dunia seharga 113 Milyar
--Posted by - Tips dan manfaat | cerita unik dan berita -
- Tips dan manfaat | cerita unik dan berita kesehatan - Updated at: 12:26 AM