Jenis Makanan Mengandung Asam Folat


Bookmark and Share
Bumi memang diciptakan dengan begitu menakjubkan dengan berbagai jenis makanan di dalamnya yang berguna dalam menunjang kehidupan semua makhluk hidup. Tiap jenis makanan yang kita konsumsi pasti memiliki setidaknya satu manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Misalnya, para wanita mengkonsumsi banyak buah-buahan dengan tujuan menjaga berat badan, anak-anak yang dalam masa pertumbuhan diharuskan minum susu secara teratur, kita memakan nasi agar memiliki cukup energi dalam melakukan berbagai aktifitas.

Manfaat-manfaat tersebut diperoleh karena adanya berbagai kandungan gizi yang terdapat dalam tiap jenis makanan. Sebenarnya, tubuh kita membutuhkan berbagai macam nutrisi dan gizi dalam menjaga kesehatan, namun artikel berikut akan secara spesifik membahas mengenai kandungan asam folat. Mari kita simak apa saja manfaat asam folat dan jenis makanan mengandung asam folat yang ada di sekitar kita! Manfaat dan Jenis Makanan Mengandung Asam Folat

Makanan mengandung asam folat sangat dibutuhkan baik bagi orang dewasa ataupun anak-anak, bahkan bayi yang masih dalam kandungan. Asam folat merupakan vitamin B9 yang dapat dilarutkan oleh air. Kandungan ini dibutuhkan dalam mengoptimalkan fungsi tubuh dari sintetis nukleotid hingga remetilasi homocysteine dan sangat penting selama masa pertumbuhan dan pembelahan sel.

Asam folat membantu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga sangat dibutuhkan terutama bagi penderita anemia. Bagi ibu hamil, kandungan asam folat diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan janin. Janin perlu mendapat cukup asam folat untuk mencegah terjadinya kelainan tulang belakang dan pembentukan otak.

Asam folat sebaiknya dikonsumsi sebelum dan selama masa hamil. Jumlah asupan asam folat yang dibutuhkan setiap harinya adalah 0,4 – 0,8 mg. Oleh karena itu, wanita yang sedang berencana untuk hamil dianjurkan mulai mengkonsumsi makanan mengandung asam folat. Sesudah melahirkan, kandungan ini tetap diperlukan pada ibu untuk mencegah anemia dan pada anak yang sudah lahir untuk menjaga perkembangan sistem saraf dan tabung saraf.

Makanan Mengandung Asam Folat

Bagaimana cara memenuhi kebutuhan asam folat pada tubuh? Kandungan asam folat sebenarnya cukup banyak ditemui dalam berbagai jenis makanan di sekitar kita. Kandungan ini bisa diperoleh melalui bermacam-macam sayuran, buah, serta makanan lainnya. Contohnya, tomat, biji bunga matahari, jeruk, lobak cina, hati, telur, dan produk gandum. Ada cukup banyak kandungan asam folat yang terdapat dalam bahan-bahan makanan tersebut. Berikut ini dipaparkan secara spesifik makanan mengandung asam folat menurut jenisnya.
  • Buah
Buah-buahan yang memiliki kandungan asam folat di dalamnya antara lain adalah jeruk, tomat, pisang, dan buah bit.
  • Sayuran
Kandungan asam folat terkandung dalam berbagai sayur-sayuran seperti kankung, kentang, bayam, brokoli dan daun bawang.
  • Kacang-kacangan
Selain buah dan sayur, jenis kacangan juga mengandung cukup banyak asam folat dan hampir semua jenis dari kacang-kacangan memiliki kandungan asam folat. Misalnya kacang polong, kedelai, kacang panjang, dan kacang tanah.
Asam folat juga diperoleh dengan mengkonsumsi sereal, roti dan produk gandum lainnya. Jadi, cukup mudah bagi kita untuk memenuhi kebutuhan akan asam folat. Namun, perlu diketahui bahwa asam folat mudah larut oleh air dan sangat sensitif terhadap oksigen, cahaya, dan suhu tinggi.
Itulah sebabnya mengapa meskipun merasa sudah mengkonsumsi cukup banyak makanan mengandung asam folat, tetapi kebutuhan akan asam folat tidak terpenuhi. Hal itu terjadi akibat cara mengkonsumsi yang tidak benar. Agar kandungan dalam makanan tersebut tetap terjaga, sayuran yang mengandung asam folat sebaiknya tidak dicuci terlalu lama dan disantap dalam keadaan mentah, misalnya dalam bentuk salad. Atau, jika memang dimasak, dapat dikukus dalam waktu yang singkat.
--Posted by - Tips dan manfaat | cerita unik dan berita -
- Tips dan manfaat | cerita unik dan berita kesehatan - Updated at: 8:05 PM

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment