Manfaat Susu Kacang Kedelai


Bookmark and Share
Susu kacang kedelai atau yang lebih tepatnya adalah sari kacang kedelai adalah semacam minuman yang dibuat dari kacang kedelai. Minuman ini disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu ini juga dikenal sebagai susu kedelai di Indonesia. Susu kacang kedelai seringkali disajikan sebagai hidangan sarapan pagi bersama dengan makanan lainnya seperti biskuit, roti dan lainnya. Susu kacang kedelai ternyata juga memiliki komposisi yang mirip dengan susu, yaitu 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat
Yuk kita bahas manfaat dari susu unik yang satu ini yang ternyata memiliki banyak manfaat loh. Berikut manfaat dari susu kacang kedelai :
1. Pengganti susu sapi bagi para vegetarian atau yang alergi dengan susu sapi
Para vegetarian menjauhi makanan yang berasal dari hewan, oleh karena itu, susu kacang kedelai ini merupakan solusi terbaik karena kandungan gizi susu kacang kedelai sangatlah besar, diantaranya vitamin, sumber mineral, sumber karbohidrat, sumber protein, dan sumber lemak. Oleh karena itu, sangat baik jika dijadikan pengganti susu sapi bagi para vegetarian.
2. Mencegah penuaan dini.
Susu kacang kedelai selain mengandung protein yang tinggi juga kaya akan zat senyawa anti aging, vitamin E pun terkandung didalamnya. Jadi, mengonsumsi susu kedelai ini akan terlihat awet muda, kulit juga akan terlihat cerah dan kencang.
3. Antioksidan
Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon, di mana bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa ini bertanggung jawab untuk memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar.
4. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis merupakan pernyakit yang biasanya menyerang para manula. Hormon fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang sehingga membuat tulang anda kuat kini dan nanti.
5. Menurunkan berat badan
Dibandingkan dengan susu lain, susu kedelai yang masih alami memiliki kandungan gula yang cukup rendah. Susu sapi memiliki sekitar 12 gram gula tiap cangkirnya sedangkan susu kedelai hanya 7 gram saja. Selain itu, adanya kandungan asam lemak tak jenuh susu kedelai dapat menghambat penyerapan lemak di usus, sehingga sangat efektif menurunan berat badan.
Seperti diketahui penyerapan langsung lemak di dalam usus sama artinya dengan menimbun lemak sisa di saluran pencernaan karena sari-sari penting dalam lemak tidak dipisahkan terlebih dahulu, dan lambat laun akan menumpuk menjadi kolesterol.
Kandungan serat yang tinggi pada kedelai sebagai alat untuk manajemen (mengatur) berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan.
6. Mencegah kolesterol dan penyakit jantung.
Kandungan protein dan isoflavon ada di dalam kedelai, membantu dalam mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Hal ini pada gilirannya, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan, konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan minggu mengakibatkan penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata.
7. Mencegah kanker prostat
Perlu anda ketahui jika di dalam susu kedelai terdapat hormon fitoestrogen, hormon yang berasal dari tanaman ini dapat menghambat produksi testosteron khususnya pada pria. Dengan menurunnya kadar testosteron, maka secara signifikan dapat mengurangi risiko pernyakit kanker prostat. Karena berlebihnya hormon testosteron pada pria merupakan ancaman serius terkena risiko kanker prostat.
8. Mencegah sindorm post-menopause.
Ketika memasuki masa menopause, produksi hormon estrogen pada wanita menurun drastis yang menjadi penyebab banyak bermunculannya gangguan kesehatan di masa tua. Wanita di usia menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit liver, diabetes, dan obesitas. Usia menopause juga menyebabkan wanita mengalami depresi, perubahan mood yang tiba-tiba, insomnia, dan beberapa gangguan psikologis lainnya.
Beruntung susu kedelai memiliki manfaat sebagai pengganti hormon estrogen yang hilang pada wanita usia menopause, dan dengan mengonsumsinya secara teratur, maka akan melindungi wanita dari sindrom post-menopause.
--Posted by - Tips dan manfaat | cerita unik dan berita -
- Tips dan manfaat | cerita unik dan berita kesehatan - Updated at: 6:25 AM

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment